Senin, 26 Maret 2012

Calistung (Baca, Tulis, Hitung)


Membaca, menulis, dan menghitung atau sering di sebut dengan istilah "Calistung" adalah hal mendasar yang perlu dikenalkan kepada anak-anak kita mulai usia dini. Calistung menjadi modal utama yang harus dimiliki anak dalam proses pembelajaran di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Efektifnya, saat anak mulai masuk sekolah Taman Kanak-kanak atau bahkan sejak anak masuk usia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) metode ini perlu di kenalkan. Akan tetapi porsi atau intensitas pemberian metode ini harus di sesuaikan dengan usia mereka.
Membaca dan menulis memungkinkan anak mampu menyerap dan menyampaikan segala informasi yang diterimanya. Sementara itu, menghitung memungkinkan anak lebih mampu mengembangkan aspek logika berpikir, terutama memaksimalkan fungsi belahan otak kirinya.
Mengingat pentingnya Calistung, proses belajar tidak harus selalu diserahkan kepada para guru di sekolah semata. Peran orangtua dirumah sangat dibutuhkan demi keberhasilan si anak. Selain Orangtua, peran tenaga pengajar di luar sekolah juga sangat penting, semisal guru les atau bimbingan belajar kusus calistung. hal ini dimaksutkan untuk meningkatkan kemampuan anak atau bahkan untuk mengatasi masalah keterlambatan anak dalam kemampuan membaca, menulis dan menghitung. Orangtua atau pun lembaga bimbingan belajar, bisa mencetak anak-anak sesuai impiannya dan menjadi kebanggaan bagi dirinya dan bangsanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar